RSS

Guruku dan Nasihatnya

23 Sep

            Guru bagiku bukanlah hanya sekedar orang yang mengajari cara membaca, menulis, berhitung dan lain sebagaianya, guru bagiku adalah sebuah kompas, karena ditangan seorang gurulah putra putri terbaik bangsa di didik agar menjadi generasi yang dapat membawa Indonesia kearah yang lebih baik lagi, tak hanya untuk Indonesia namun membawa perubahan untuk dunia.

            Aku akan bercerita mengenai sosok seorang guru yang memberikan nasihat kepada anak didiknya, disaat pembagian raport kelulusan saat SMP dulu yang merubah nasib seorang bocah laki-laki bodoh dan pemalas menjadi laki-laki yang penuh ambisi untuk menjadi yang terbaik.

            Ada seorang anak laki-laki gemuk yang sangat senang karena bisa diterima di salah satu sekolah terfavorite di daerahnya, dia sangat bersemangat untuk belajar disekolah tersebut namun kebahagiaan dan semangatnya tidak berlangsung lama. Kehidupan di sekolah tidak seperti apa yang dia bayangkan sebelumnya, dia tidak mempunyai banyak teman karena dia bukanlah seorang yang pandai, perawakannya yang gemuk membuat dia tidak percaya diri. Hal yang paling dia benci adalah kehidupan di lingkungan sekolahnya, dia sering sekali kesuliatan untuk mencari teman kelompok ketika sang guru menyuruhnya membentuk sebuah kelompok, dia selalu mendapatkan kelompok terkahir bersama teman-teman yang kurang pandai lainnya, hal seperti ini selalu dihadapinya dengan sabar dari kelas satu hingga lulus sekolah. Namun karena perkataan dan nasihat terakhir wali kelasnya saat membagikan raport bisa merubah dia menjadi anak yang rajin dan pandai.

            Sebelum pembagian raport kelulusan seorang guru bernama ibu Titin memberikan nasihat terakhir kepada murid-muridnya nasihatnya sangat sederhana ibu titin mengatakan “ibu sebelumnya mengucapkan selamat kepada kalian semua karena kalian telah lulus dengan baik dari sekolah ini kalian tahu sekolah ini adalah salah satu sekolah terbaik, setelah kalian lulus dan melangkah keluar dari sekolah ini kalian menanggung nama baik almamater, ibu harap kalian bisa menjaga nama baik alamamter tercinta ini, satu yang ibu pesan diamanapun kalian melanjutkan sekolah jadilah kalian anak yang berprestasi, menjadi siswa berprestasi sangatlah mudah salah satu caranya yaitu kalian jangan pernah malu untuk bertanya kepada guru ketika ada materi yang kurang jelas, rajin belajar dan selalu berdoa kepada tuhan agar jalan kalian selalu dimudahkan olehnya, jangan mau menjadi orang bodoh jangan mau menjadi siswa yang terpinggirkan, karena ibu yakin kalian dilahirkan untuk menjadi orang yang hebat”.

            Nasihat dari gurunya selalu dia ingat kemanapun dia pergi, kini dia percaya bahwa dirinya dilahirkan untuk menjadi orang yang hebat. Bocah gemuk itu melanjutkan sekolahnya ke salah satu sekolah kesehatan swasta di cirebon, disekolahnya yang baru dia menjadi siswa yang aktif didalam kelas, ketika ada pelajaran yang kurang jelas dia tak segan  untuk mengajukan pertanyaan kepada gurunya, setiap hari sehabis pulang sekolah dia selalu mengulang pelajaran, dimalam harinya ia mengerjakan tugas dengan sangat bersemangat. Kerja kerasnya membuahkan hasil yang sangat mengembirakan bocah gemuk itu menjadi tiga terbaik dikelasnya, nasihat dari gurunya tidak pernah dia lupakan, kata-kata motivasi yang didapatnya dulu kini merubah kehidupannya dari seorang bocah bodoh menjadi bocah yang berprestasi.

            Bocah gemuk itu adalah aku kehidupanku kini berubah 180 derajat, kini tidak adalagi penolakan ataupun kesulitan saat membentuk sebuah kelompok akupun mempunyai banyak teman disekitarku, terimakasih ibu titin yang telah memberikan motivasi kepadaku, aku percaya bahwa kata-katamu telah membuat banyak muridmu percaya bahwa mereka dilahirkan untuk menjadi orang yang hebat, guru yang selalu memberikan dukungan dan motivasi sepertimulah yang dibutuhkan negeri ini untuk mencetak generasi hebat yang akan mengubah bangsa Indonesia dan dunia menjadi lebih baik.

 

 

 

Iklan
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 23 September 2012 in Tulisanku

 

One response to “Guruku dan Nasihatnya

  1. Hidayatullah Al - FAthir

    30 September 2012 at 09:49

    Reblogged this on Dey Faith Fully.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: